Tentang Hati :: (Al Ghazali)

Dikirim : DPRa-PasarMinggu

Anggota yang paling besar bahayanya, serta pengaruhnya paling kuat dan urusannya paling lembut dan paling payah memperbaikinya.

Hal-hal pokok yg penting :

1. Firman ALLAH: 

    “Tuhan sangat mengetahui akan khianatnya mata, dan apa2 yg dikandung di hati

    “ALLAH mengetahui apa2 yg ada dalam hati kamu

    “Sesungguhnya ALLAH Maha Mengetahui apa2 yg ada dalam dada / hati

2. Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya ALLAH tdk hanya melihat pada rupa dan kulitmu saja, tetapi melihat sampai kepada hatimu pula”

Jadi hati adalah pusat penilaian Rabbul ‘Alamin. Aneh sekali jika orang2 hanya memelihara muka mereka saja agar tdk ada cela utk dilihat mahluk, tetapi hati dibiarkan saja, tdk dihiasi dan tdk diperbaiki.

3. Hati merupakan raja yg ditaati dan pemimpin yg diikuti, krn seluruh anggota badan merupakan rakyatnya.

Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya dlm jasad manusia itu ada segumpal yg bila keadaannya mulus, maka mulus pula seluruh anggotanya dan bila itu rusak, rusak pula seluruh anggota badannya. Perhatikanlah bahwa gumpalan itu ialah h a t i”

4. Hati sebenarnya tempat menyimpan permata yg sangat berharga bagi si hamba;

  • Permata akal sbg puncaknya permata ma’rifat yg menjadi pangkal kebahagiaan dunia dan akherat ;
  • Sebagai makna ilmu dan hikmah yg menjadi kebahagiaan bagi si hamba ;
  • Perangai yg baik dan kelakuan yg terpuji.

5. Keistimewaan Hati :

  • Hati itu selalu diintip musuh, dan ditunggangi tiada henti2nya ; dan hati itu tempat ilham, Malaikat dan syaitan, keduanya mengetuk hati dgn ajakannya masing2.
  • Hati banyak kesibukannya, sebab akal dan nafsu kedua2nya disitu, jadi hati itu lapangan tempat berperang antara akal dan nafsu.
  • Hati itu tempat desus-desus yg banyak seperti air hujan dan tiada henti2nya siang malam tdk dpt engkau menahannya. Tiap detik dia berjalan terus dgn rencana2 sedangkan hawa nafsu cepat sekali menyambut serta menurutkan tarikannya, shg menahannya merupakan soal yg pelik dan ujian yg berat.
  • Mengobati hati itu sukar sebab dia gaib dari penglihatan, tapi dgn tdk disangka2 engkau telah terkena penyakit hati itu.
  • Juga penyakit itu sangat cepat mengenai hati, dan ia cepat pula berbolak balik, malah lebih cepat dari bergolaknya air panas dalam qidr.

Semoga ALLAH menjadikan kita dari golongan yg dpt mengambil i'tibar, dgn memperhatikan adanya bahaya2 getaran hati, krn diberi taufik utk dpt menjadikan hatinya yg baik, dan baiknya pandangan adalah karena ALLAH Maha Penyayang ............ Amin

PKS OK

:: Info PKS

:: PASAR MINGGU

Save GAZA


PKS OK